Friday 9 November 2018

SUKA DUKA PUNYA WAJAH ACNE PRONE

Selamat siang temen-temen, hahaha udah kayak opening presentasi di kelas belum?

Sebelumnya mungkin udah banyak yang sering baca review-review aku di blog ini. Mungkin ada beberapa dari kalian yang nanya, kok review produk mulu? Kok gampang banget ganti-ganti produk? Gak takut mukanya jerawatan ya?

Well, aku ini punya tipe kulit wajah yang: 
  • Oily
  • AcneProne
  • Sensitive
Banyak banget kan? Yap! Kondisi kulit ini aku sadari waktu aku lulus SMA, awal-awal SMP-SMA tuh mukanya bisa dinilang badak banget. Dipakein apa aja, cocok! Enak banget deh. Terus mulai tumbuh jerawat awal kelas 2 SMA. Awalnya biasa lama-lama panik, semua dicobain, dan gak nanggung-nanggung selalu beli 1 rangkaian cobain produk. Berharap hasilnya manjut kalo pakenya sekalian 1 rangkaian. 

Kalo dirasa kurang manjur, ganti merk lain. Dan pake seluruh rangkaian lain. Kalo dari kalian ada yang nebak waktu ganti produk itu kulitku gak dikasih jeda dulu? Yap! Kalian bener. Sangking aku gak pahamnya sama dunia skincare, aku pikir kalo numbuh jerawat baru tandanya gak cocok. Dan aku pikir kalo jerawatan harus bener-bener pake produk yang ALL MATTE dan ANTI ACNE, all of them! Semua gak berhasil beb, huhu

Lulus SMA aku coba belajar tentang skincare dari mulai nonton youtube, baca artikel di google yang mengenai tipe kulit. Long story short, aku bisa ambil kesimpulan kalo kulit aku tipenya seperti 3 nomor diatas tadi. Hehe dan pemakaian produk yang semuanya ada klaim anti acne gak selamanya bagus. 

Karena lama kelamaan kulit akan dehidrasi dan menimbulkan masalah baru. Jadi apabila memungkinkan kamu bisa memakai salah satu produk skincare yang memang ada klaim untuk fight acne (karena ada kandungan AHA or BHA) is fine, tapi imbangi juga dengan produk skincare lain yang sifatnya simple hanya untuk melembabkan atau menghidrasi. Jadi, jangan seluruh produk kamu sifatnya exfoliant, kasian kulitmu

Berbekal ilmu yang aku dapat dari ngulik-ngulik beberapa informasi. Tapi merasa butuh pertolongan cepat untuk masalah jerawat, aku akhirnya ke dokter kulit. 1 tahun pertama mukaku bersih kinclong gitu, mungkin bisa sebersih itu karena aku ikut treatment dari mereka seperti chemical peeling/facial jerawat dan lain-lain. Tapi ditahun kedua, aku ngerasa kalo obat dokter yang aku pake ini udah kebal sama kulitku. Karena udah mulai gak ada kasih improve apapun ke mukaku. 

Satu hal lagi yang paling gengges, WARNA MUKA DAN LEHERKU BEDA BANGET ASLI mukaku putih pucat sedangkan leherku ya fine-fine aja. Akhirnya aku lepas dari dokter itu dan memaka skincare yang ada di pasaran. Masih trial and error dan beberapa kali tergelitik beli skincare yang modelnya itu konsul online dan nanti mereka kirimin produknya ke kita dan sekali lagi mencoba ke dokter kulit lain. But it doesn’t work on my skin. Asli aku disitu bingung banget. 3 kali coba krim dokter yang berbeda gak ada yang cocok, malah jadi tambah jerawatan atau kulit rasanya ketarik banget, intinya gak nyaman. Akhirnya aku bener-bener mantepin niat aku buat cari skincare yang bener-bener cocok buat aku. 

Karena aku fikir kulitku udah bener-bener sensitive banget karena ditemplokin krim-krim dokter selama beberapa tahun. dan ketemulah dengan skincare-skincare yang masih trial and error tapi efeknya memang gak se-wow krim dokter. Semua produk-produk yang aku pakai sebagian besar 
udah aku review di blog ini. Monggo dibaca ya, hehe.

Dari situ aku ngerti kalo kulitku gak cocok dikasih produk yang ada kandungan whiteningnya, perfume, harsh chemical seperti alcohol yang terlalu tinggi atau produk skincare yang silicon base. Karena bisa nyumbat pori-pori aku. Beberapa makanan juga ada beberapa yang aku pantang. Walau gak bisa semua aku penuhi ya. Karena juju raku masih belum bisa kalo gak makan mie instan, telor, roti, manis-manis gitu. Nyiksa banget rasanya karena kalo aku makai salah satu dari semua pantangan itu, langsung deh muncul gerombolan.

Trus karena sekarang udah makin ngerti kebutuhan kulit, apa sekarang mukanya bebas dari jerawat? Belum.tapi udah mendingan banget. dan aku sangat amat bersyukur dengan hal itu! Karena aku sadar, tipe kulit kayak aku ini rada susah kalo mau bener-bener bebas jerawat yang halus nan mulus ibarat artis-artis korea. Kalo aku lg sering makan gorengan, kacang atau telor pasti numbuh jerawat. Lagi stress atau banyak kerjaan yang mengharuskan begadang? Jerawatan. Kalo kena debu lama-lama? Jerawatan. Rambut nempel di muka? Jerawatan. 

Kalo kalian nanya, ya ampun ribet banget sampe segitunya? Lebay banget dong mukanya. Aku bisa bilang, iya. Ini kondisi muka aku sekarang kayak gini, super lebay sensitive. Gak bisa salah dikit deh pokoknya. Tapi mungkin kalo aku bener-bener bisa jaga life style aku, ceritanya akan berubah. Sayang sekali sampe saat ini aku belum bisa dan tenang aja, aku masih terus usaha gimana caranya bikin mukaku bagus.

Jadi, jangan sedih kalo punya tipe wajah yang Oily, Acne Prone, Sensitive. Karena walaupun susah untuk bener-bener ilangin semuanya. Paling enggak kita bisa tau apa aja pantangan kita dan sedikit-sedikit mengurangi pentangan itu. Yang penting, jaga kulit kamu kayak jaga bayi hahaha. tapi serius! kalo keluar rumah, pake masker jangan lupa. kalo lagi libur usahain jangan make-up. let your skin breath. dan pastinya temuin skincare yang bisa stick sama kamu, yang paling cocok sama kamu. Walau masih trial and eror, gakpapa! Semangat terus. Jangan lupa yang dari dalam dijaga juga ya! 

Dari tadi aku cerita mulu, bukti kulitnya mana sih? oke ini dia, jangan kaget ya. 





see? walaupun masih suka ada tumbuh jerawat, it's fine. karena dapetin hasil yang kayak gini tuh susah banget. butuh pengorbanan dan kesabaran. yang penting jangan lupa untuk terus jaga kulit kamu. SEMANGAT PARA ACNE FIGHTER!!!!!!!!

See you 😊

No comments:

Post a Comment

MORNING SKINCARE ROUTINE!

Kalau ngomongin soal skincare, udah pasti nggak pernah ada habisnya. Aku pribadi masih senang banget untuk coba-coba produk lain. Apalagi de...